Mas ihsan blog's: Keutamaan Membaca Al quran di Bulan Ramadhan

Keutamaan Membaca Al quran di Bulan Ramadhan

Di poskan pada Senin, 07 Juli 2014

Jabungleopark - alhamdulilah sudah 8 hari puasa kita lalui, di hari-hari nan suci ini sudah amalan apa saja yang kita lakukan, apakah sudah memenuhi target atau belum.
Sebenarnya amalan apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengarungi keindahan puasa tahun ini. Menurut saya yang paling mudah namun memiliki fadhilah sangat besar adalah membaca alQur'an. Sudahkah anda membacanya hari ini.

keutamaan membaca alquran di bulan ramadhan
keutamaan membaca alquran di bulan ramadhan


Sejarah Alquran.
"Quran" menurut bahasa berarti "bacaan", berasal dari bahasa arab kata qara'a. Kata Al Qur'an itu berbentuk
masdar dengan arti isim maf'ul yaitu maqru' (dibaca). Sedangkan pemanggilan kata Qur'an itu sendiri berasal dari dalam Al Qur'an sendiri, yang memakai kata "Qur'an" dalam ayat nya. Seperti ayat 17, 18 surah (75) Al Qiyaamah yang Artinya: ''Sesungguhnya mengumpulkan Al Qur'an (didalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu
adalah tanggunggan kami. kerana itu jika kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikut bacaannya".
Kemudian dipakailah kata "Qur'an" itu untuk Al Quran yang dikenal sekarang ini.

Sedangkan menurut istilah definisi Al Qur'an ialah: "Kalam
Allah s.w.t. yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad dan yang ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah". Dengan definisi ini, kalam Allah yang diturunkan kepada nabi-nabi selain Nabi Muhammad s.a.w. tidak dinamakan Al Qur'an seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s. atau Injil yang diturun kepada Nabi Isa a.s. Nabi Muhammad s.a.w. dalam hal menerima wahyu mengalami bermacam-macam cara dan keadaan. di antaranya:
1, Malaikat memasukkan wahyu itu ke dalam
hatinya. Dalam hal ini Nabi s.a.w. tidak melihat sesuatu apapun, hanya beliau merasa
bahwa itu sudah berada saja dalam kalbunya.
Mengenai hal ini Nabi mengatakan: "Ruhul qudus mewahyukan ke dalam kalbuku", (lihat surah (42) Asy Syuura ayat (51).
2. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi berupa seorang laki-laki yang mengucapkan kata-kata kepadanya sehingga beliau mengetahui dan hafal benar akan kata-kata itu.
3. Wahyu datang kepadanya seperti gemerincingnya loceng. Cara inilah yang amat berat dirasakan oleh Nabi. Kadang-kadang pada keningnya berpancaran keringat,
meskipun turunnya wahyu itu di musim dingin yang sangat. Kadang-kadang unta beliau terpaksa berhenti dan duduk karena merasa amat berat, bila wahyu itu turun ketika beliau sedang mengendarai unta. Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit: "Aku adalah penulis wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah. Aku lihat Rasulullah ketika turunnya wahyu itu seakan-akan diserang oleh demam yang keras dan keringatnya bercucuran seperti permata. Kemudian setelah selesai turunnya wahyu, barulah beliau kembali seperti biasa".
4. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi, tidak berupa seorang laki-laki seperti keadaan no. 2, tetapi benar-benar seperti rupanya yang asli. Hal ini tersebut dalam Al Qur'an surah (53) An Najm ayat 13 dan 14.
Artinya:
''Sesungguhnya Muhammad telah melihatnya pada kali yang lain (kedua). Ketika ia berada di Sidratulmuntaha.''

Keutamaan Membaca Al Quran

Firman Allah Ta'ala :
"lni adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya orang-orang yang mempunyai pikiran mendapatkan pelajaran." (Shad: 29)

Pada beberapa hadits Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam telah menyebutkan tentang keutamaan membaca Al- Qur`an, di antaranya :

1. Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili r.a :
Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: "Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR. Muslim 804)

Nah, bila ingin mendapatkan syafa'at dihari kiamat nanti, dan berakhir di surga tanpa keraguan, baca terus alquran mu sejak dini.

2. Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili r.a :
Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: "Bacalah oleh kalian dua bunga, yaitu surat Al-Baqarah dan Surat Ali 'Imran. Karena keduanya akan datang pada hari Kiamat seakan-akan keduanya dua awan besar atau dua kelompok besar dari burung yang akan membela orang-orang yang senantiasa rajin membacanya. Bacalah oleh kalian surat Al-Baqarah, karena sesungguhnya mengambilnya adalah barakah, meninggalkannya adalah kerugian, dan sihir tidak akan mampu menghadapinya. (HR. Muslim 804)

3. Dari shahabat An-Nawwas bin Sam'an Al-Kilabi r.a berkata : Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: "Akan didatangkan Al-Qur`an pada Hari Kiamat kelak dan orang yang rajin membacanya dan senantiasa rajin beramal dengannya, yang paling depan adalah surat Al-Baqarah dan surat Ali 'Imran, keduanya akan membela orang-orang yang rajin membacanya." (HR. Muslim 805)

Pada kedua hadits ini Rasulullah saw, memberitakan bahwa surat Al- Baqarah dan Ali 'Imran akan membela orang-orang yang rajin membacanya. Begitu dahsyatnya hari kiamat hingga tidak ada satu makhluq pun yang sanggup menghalangi apalagi menghindarinya, maka dari itu yang kita butuhkan hanya perlindungan alloh, sedangkan perlindungan itu tidak akan hadir seketika bila tidak kita menabung dulu untuk esok hari, sebab pintu taubat sudah di tutup. segera baca alquran mu

Ramadhan Bulan penuh Hikmah

Orang yang beramal di bulan ramadhan pahala nya berlipat-lipat dari hari biasanya. Apalagi kalau ibadah kita seperti membaca alqur'an. Karena bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al- Qur`an, hal ini termasuk dalam firman Allah yang artinya:
"bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)." (Al- Baqarah : 185)

Sedangkan untuk memuliakan karunia dari alloh tersebut kita harus memperbanyak amal ibadah pada bulan Ramadhan dengan banyak membaca (tilawah) Al- Qur`anul Karim.

Dan dalam hadits shahih dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bertemu dengan Jibril pada bulan Ramadhan setiap malam untuk membacakan kepadanya Al-Qur'anul Karim.
Maka dari itu kita harus tafa'ulan/meniru kanjeng Nabi dengan mempelajari Al-Qur'an pada bulan Ramadhan dan berkumpul untuk membaca nya, juga membacakan Al-Qur'an kepada orang lain agar mau mempelajari dan membacanya juga, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah
seraya membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali turunlah ketenangan atas mereka, serta mereka diliputi rahmat, dikerumuni para malaikat dan disebut-sebut oleh Allah kepada para malaikat di hadapan-Nya." (HR. Muslim)

Segera saja, ambil alquran mu langsung baca, dan rasakan ketenangan yang di hadirkan kepadamu. Sekian Manfaat Membaca alqur'an di bulan puasa semoga bermanfaat.

[ 4 komentar ] sudah di tambahkan, terima kasih telah berkomentar.

  1. al qur'an tuntunanku muhammad panutanku.bismillah

    BalasHapus
  2. siip min.. bagi yang mau nambah ilmu tentang islam, bisa juga kunjungi http://forumdakwahmuslim.blogspot.com/
    mudah2han bermanfaat...
    "Senyuum"

    BalasHapus
  3. Thx for dakwah:D nazmilaura.blogspot.com

    BalasHapus