Mas ihsan blog's: Mengenal Lebih Jauh Algoritma Google

Mengenal Lebih Jauh Algoritma Google

Di poskan pada Jumat, 19 Oktober 2012

mas ihsan -,

Sekilas tentang Google panda update pertama kali pada bulan februari 2011.
Selanjutnya di tanggal 24 April 2012 disusul Update Algoritma terbaru dari Google, "Google Penguin" untuk memburu Website yang di anggap spam (Webspam Algorithm Update).
Sekilas keduanya tampak sama, ternyata berbeda.
Panda menaikan situs web berkwalitas.
Penguin menurunkan situs web berkwalitas rendah (Webspam).


Tujuan Google Penguin ini diciptakan, lebih mengarah untuk membersihkan pencarian Google dari situs abal - abal / sak karepe dewe.
Dan Pembaruan ini ditujukan untuk penurunan peringkat website tertentu dari mesin pencari, karena telah melanggar Pedoman Webmaster Google atau adanya upaya optimasi yang melebihi batas.

Lalu sempat saya dengar ada yang namanya "Google Honey Moon", aneh banget namanya, karena pada saat Algoritma baru ini muncul, Google juga masih bingung mau memberi nama apa.
Untuk yang satu ini, lebih keren lagi, kita akan di beri kesempatan menikmati indah nya berada di nomer 1 dari 10 besar pencarian, lalu lambat laun menghilang ditelan bumi.
Bukan cuma anda, saya juga terkadang terkena dampak nya.

Lalu terdengar kabar "Google Dance" hidup lagi, kali ini Google hanya memperbaiki algoritma search yang lama, guna menghasilkan search result yang lebih baik.
Efeknya, hasil search yang dihasilkan berubah untuk sementara waktu.
Ada website yang turun peringkat, ada yang tetap bertahan, dan ada pula yang naik.
Hal ini juga dipergunakan Google untuk membersihkan databasenya dari alamat-alamat URL yang sudah tidak aktif, dan juga mengindex website-website baru yang bermunculan setiap hari.
Perubahan ini bersifat sementara, disebabkan saat itu Google masih mencoba-coba untuk menerapkan metode tersebut.
Beberapa hari setelah "Google Dance", perubahan yang permanen akan diberlakukan.
Perubahan memang sangat wajar terjadi pada setiap search engine. Sebuah website bisa turun peringkat apabila mengalami penurunan kualitas content, atau bisa juga karena adanya website lain yang dianggap memiliki kualitas yang lebih baik.
Sebenarnya "Google Dance" lahir sudah cukup lama yang dimulai sejak 16 Nov 2003, sempat membuat geger para webmaster dan pakar SEO.
Pasalnya, Google melakukan update besar-besaran yang membuat banyak website bisnis kehilangan posisi puncak, yang sebelumnya bisa dikatakan stabil. Bahkan website yang dulunya menduduki peringkat 1 hingga 10, langsung turun drastis hingga ke halaman 50.
Tentu saja hal ini sangat membingungkan kalangan websmaster yang websitenya menjadi korban dari perubahan ini. Protespun banyak diarahkan ke pihak Google.
Menurut beberapa ahli SEO, perubahan yang dilakukan Google justru menurunkan kualitas search pada keyword-keyword penting.

Namun seberapapun protes yang diterima, Google tetap mempunyai hak untuk tidak membeberkan metode search yang mereka pakai.
Menurut seorang ahli SEO dari Irlandia, perubahan ini dilakukan untuk melenyapkan website-website yang memakai trik-trik SEO canggih, yang dianggap bisa menurunkan kualitas search, mereka yang melakukan barter link secara besar-besaran untuk meningkatkan rangking, atau yang dengan sengaja membuat jaringan link exchange untuk mengelabui search engine, langsung menjadi sasaran target operasi.
Namun pada kenyataannya, banyak website-website biasa yang tidak menggunakan trik-trik SEO dan tidak membangun link exchange network, tetap menjadi korban, termasuk saya, saya sempat pusing di goyang - goyang oleh google.
Jika website Anda mengalami masalah seperti diatas, tiba-tiba lenyap dari posisi 10 atau 20 besar, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi kembali. Yakinkan bahwa website Anda tidak melakukan spamming.
Pihak Google tidak akan berhenti sampai disini, mereka akan terus melakukan perbaikan-perbaikan guna meningkatkan mutu dari hasil pencarian. Dan cepat atau lambat mereka pasti akan sadar apabila saat ini sedang melakukan kesalahan. Kita tunggu saja perkembangannya.

[ 12 komentar ] sudah di tambahkan, terima kasih telah berkomentar.

  1. terimakasih infonya sob,dari sini saya bisa belajar google Algoritma.
    follow yang ke 28 sukses sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, saya terima lamaranmu hehehe...
      Selamat bersenang-senang dengan google...

      Hapus
  2. bagus invonya.. walaupun saya gak ngerti ahaha


    u follow me.. i will follow u ^_^
    terima kasih sudah hadir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sudah belajar sini sama saya....

      U, welcome sama sama....

      Hapus
  3. Balasan
    1. ok...... Dimana disini hehehe.....
      Sory gan,,,, link hidupnya saya matikan

      Hapus
  4. Saya memang sedang belajar dan mempelajari Algoritma Google. Informasi ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan saya. Terima Kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  5. semoga blog yang kita kelola tidak masuk dalam jeratan algoritma2 Google...
    terima kasih atas ulasannya

    BalasHapus
  6. Masih bingung saya dengan algoritma google.... :(

    BalasHapus
  7. numpang di situs agan , terima kasih banyak gan .

    BalasHapus