Mas ihsan blog's: cara mengatasi dan memperbaiki alexa rank no data dengan opera mini handphone

cara mengatasi dan memperbaiki alexa rank no data dengan opera mini handphone

Di poskan pada Jumat, 18 Mei 2012

mas ihsan -, Bingung karena situs mendapatkan Alexa rank no data? Bagaimana solusinya?
Beberapa orang beranggapan bahwa Alexa rank no data itu hal wajar, mungkin alexa sedang main tenis, atau sedang update di saat kita memeriksa rank data.
Namun ternyata ada alasan tertentu yang menyebabkab Alexa rank no data, salah satunya adalah:

Situs masih baru
Bila situs kita masih berumur 1-2 hari atau sebulan maka alexa kitaa belum mempunyai data rank, terus saja update agar trafict meningkat dan situs anda mulai di hinggapi rank dari alexa.

Sering ganti domain
Domain memang berpengaruh penting pada kinerja situs kita, banyak sekali jenis domain bertebaran, namun bila web kita sering gonta ganti nama, maka situs kita akan mendapatkan Alexa rank no data.
Dan lain sebagainya.

Bagaimana mencari Solusinya?
Sebenarnya situs kita bisa kita perbaiki dari Alexa rank no data, dengan suatu trik, masih dengan handphone kesayangan kita mari siapkan alat bertempur dimulai dari secangkir kopi, handphone, dan aplikasi operamini versi 4 ( versi 6, 7 juga bisa ) .
Pertama :
1. Buka opera mini lalu buka http://alexa.com bila belum punya akun di alexa, daftar dulu di pojok kanan atas, atau langsung Login ke alexa bila sudah punya akun disana.
Ada dua cara login:
a. Dengan akun alexa.

klik disini

b. Dengan facebook.

klik disini

2. Cari site tools.

klik disini

3. Klik Claim your site di pojok kiri bawah.

klik disini

4. Masukan alamat URL dari situs kita.

klik disini

5. Kita akan di beri sebuah kode verivikasi.

klik disini

silahkan di copy, kemudian buka tab baru bila menggunakan opera mini 6 keatas, dan masuk ke akun situs kita, kode verifikasi di taruh di antara meta tag pada header situs kita, lalu save.

Contoh:
<meta content='gRlndrdTHbxgjz_8X5G65jhyg546hf4gFZGQ' name='alexaVerifyID'/>


6. Setelah kode terpasang, kembali lagi ke alexa dan klik ''verify''

klik disini

7. kemudian ke 'site widget'.

klik disini

8. Masukan nama blog di widget tools

klik disini

9. Ambil kode widget tool alexa.

klik disini

Kedua :
Setelah itu masuk ke blogger atau di situs lainnya, namun disini saya gambarkan yang mudah yaitu blogger.
1. Login ke blogger > Rancangan > Tambah gatget > Html/javascript.



2. Masukan kode dari alexa lalu di save

Setelah melakukan tahapan di atas maka situs kita sudah dalam keadaan tidak lagi Alexa rank no data, hanya saja hal ini perlu waktu, ada beberapa kasus, ketika sudah verify id alexa, situs mereka otomatis keluar datanya, dan kasus lain menambahkan butuh waktu yang panjang agar trafict alexa kita bisa kembali.
pengalaman saya, ketika saya melakukan tahap di atas baru sebulan data rank saya tersedia, namun menjadi jauh di kisaran berapa juta.

klik disini

.::NB::.
Bila setelah anda melakukan trik di atas dengan benar namun masih belum juga ada datanya, maka cobalah lagi, kemudian tambahkan widget baru alexa tools widget, dengan kata lain bila sebelumnya sudah terpasang widget alexa, hapus saja dan ganti kode baru.

Demikian cara mengatasi Alexa rank no data dengan handphone via opera mini, semoga bermanfaat.

[ 64 komentar ] sudah di tambahkan, terima kasih telah berkomentar.

  1. Tutorialnya keren sob.. :),,..eh meta tagnya itu di template :

    header
    disini me-ta tadi
    /header

    atau di bagian mana? :D




    dari tadi komentar ga valid terus wkwkwk

    BalasHapus
  2. gan mau tanya nih, kok alexa rank saya kembali ke nodata ya.?? padahal udah 2 jutaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu saya juga begitu, gara-gara subdomain saya ganti, namun setelah saya claim seperti contoh di atas, kurang dari 2minggu sudah kembali ada data nya, yang terpenting harus pasang alexa widget di situs, dan cara pasang kode verivikasi sudah benar..

      Hapus
  3. tips yg bagus sob,,,
    keep posting

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. nuhun atas kehadirannya, wilujeng sami sami kang.......

      Hapus
  4. makasi gan infonya,tak praktekin deh,,soalnya blog saya masih sederhana banget,jadi ni bermanfaat buat saya,,mampir ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, selamat berkarya... Keep posting and selamat ngeblog ... Hehehe

      Hapus
  5. oke kunjung balik ke http://fajar-juli.blogspot.com

    BalasHapus
  6. terima kasih gan..
    nanti kalau ada waktu dicoba

    BalasHapus
  7. mas gimana ya. punyaku dah tak gitu'in tapi masih no data ? please pencerahannya. visit blog ane ya . pusatgamemini.blogspot.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada faktor keberuntungan yang harus anda tunggu, selama langkah yang anda terapkan benar, insya alloh review nya bisa cepat, tergantung kecepatan robot alexa mengindex blog anda..
      Saya dulu 1 bulan baru ada penampakan.
      Kalau memang sudah 1 minggu belum juga beres.
      Cara lain nya setelah cara diatas selesai adalah, Copot dulu widget alexa dari blog anda, lalu submit terus alamat blog anda di situs alexa, setelah muncul data, pasang lagi widget di blog anda ( dengan catatan cara ini membutuhkan waktu, tidak langsung jadi, selama keberuntungan belum dipihak anda )

      Hapus
  8. jaidd pake OPMIN Ya Sob.. baru tau gue..mau coba ahh...sapa tau AlEXA GUEE BERSAHABAT..HEHEHEHE..Kunjungnan Malam Sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo ..... Segala nya di mulai dari apa saja yang saya punya mas brot, lawong punyae cuma hape , ya pake opmin saja.. Hehehe

      Hapus
  9. Mantap mas brow infonya...
    Ini membantu saya dalam membangun blog. Makasih ya

    BalasHapus
  10. mantap makasih informasinya salam kenal mampir ke blog saya

    BalasHapus
  11. punya gua tetap no data bro ga tau nie gmn lagi haaaddeeeeeueueueueuhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah melakukan cara di atas, jangan lupa sering sering kunjungi situs alexa dengan klik gambar widget dari situs kamu..... Setelah review selesai, copot widget hingga beberapa hari atau minggu, lalu sesering mungkin kamu submit alamat site kamu di situs alexa tanpa memasang widget, hanya memantau perkembangan situs saja, dan agar robot alexa cepat mengindex situs kamu......

      setelah berhasil tampil hits alexa nya, baru copy paste kan di situs kamu...
      Semoga berhasil.

      Hapus
  12. Balasan
    1. hooh mbak:::: iwak e apik apik..... Boleh buat isi jeding saya gak hahaha

      Hapus
  13. mantap mas ane juga punya masalah dengan alexa rank,, d tunggu kunbalnya ya mas di gubuk ane...

    BalasHapus
  14. blog ane udah 2 bulan tapi masih aja no data jadi heran sama alexa
    mampir ke blog ane juga ya satria0720.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Tyrex semoga lekas sembuh alexanya.....

      @satriawan seperti kalimat yang sudah saya uraikan, terapkan cara di atas, lalu copot widget alexa di blog ente, kemudian sering kunjungi situs alexa, submit blog anda di kolom widget secara berkala, hingga terdapat data di widget, lalu copy paste di blog anda, jangan di pasang kalau laporan belum ada data... Tengkiyu....

      Hapus
    2. siip gan, akhirnya alexanya sudah ada datanya

      Hapus
  15. Jelas banget infonya...sudah coba dan berhasil banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fajar Muhammad Sukmawijaya
      Tidak harus pake opmin.... Ini bagi yang pake opmin saja...

      @Untung selamat kumendan atas keberhasilannya....

      Hapus
  16. mas mau tanya, kenapa rank ID saya no data, pdhal rank alexa saya ada ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alexa itu memang tolak ukur blogger di seluruh dunia, tapi bukan berarti tanpa cacat, terkadang crawl site yang dilakukan lambat.
      Tapi di blog ente karena masih terbilang baru, jadi butuh pengunjung maka nya rank alexa kamu 8jtan, sedang rank Id belum ada cz belum kedeteksi trafict dari indo.
      Untuk link in kamu nodata cz belum kedeteksi adnya backlink yang masuk di situs kamu.

      Hapus
  17. alexa bermanfaat untuk melihat peningkatan dari blog kita..

    BalasHapus
  18. setelah saya lakukan cara di atas bedanya di html cuma tidak ada www dansebelumnya ada www.dspenganten.blogspot.com tapi tetap belum nampak alexanya, . .mohon kunjungannya boz.

    BalasHapus
  19. wahh ternyata site saya belum di verifikasi mas hehe :D
    terimakasih mas.nice post :D visit back ya mas http://arifiencjr.com

    BalasHapus
  20. Maaf, Bang. punyaku juga ikutan no data setelah ganti costum domain. yang sebelumnya adalah http://www.ayick13.blogspot.com lalu setelah saya ganti menjadi [dot] net atau http://www.ayick13.net Global Rank Alexa saya juga mendadak ikutan terjun bebas menjadi No Data. padagal sebelum ganti domain, Rank saya sekitar 2 juta koma sekian ratus, lho!

    abang, bisa kasih tipsnya? sekalian dikasih tahu ya?

    salam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti penjelasan saya yang lalu, ketika ganti domain, sama saja anda mempunyai blog baru.... Bila sebelumnya ente sudah melakukan claim, anda ganti kodenya dengan claim nama domain yang baru....
      Bila belum, silahkan lakukan cara di atas, setelah itu sering -sering cek data alexa di situs resminya, setelah muncull data nya baru pasang widget nya, bila belum ada data biarkan dulu, tidak di pasang widgetnya..
      Nodata Itu karena situs anda belum di crawl oleh robot alexa menggunakan nama baru anda ...
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  21. mau nanya. saya punya blog namanya catatanrico.blogspot.com
    lalu saya ganti jadi http://www.okeemedia.com
    awalnya rank sebelum ganti domain sekitar 400ribuan
    tapi habis ganti domain jadi no data. apakah bisa kembali seperti semula?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, coba saja install addon tools alexa di komputermu, submit dan lihat hasilnya..

      Hapus
    2. Punya saya udah digituin tapi tetep no data semua, memangnya membutuhkan waktu berapa lama ???

      www.vieed.blogspot.com

      Hapus
    3. gak menentu kumendan, saya saja 2 bulan... Itu saja karena lama saya copot widget alexa saya, dan saya submit terus di situs alexa untuk memeriksa, dan memaksa alexa mencrawl situs saya...
      Tapi alexa bukan ukuran buat saya, ini hanya sebagai referensi, karena terkadang crawl yang di lakukan lambat sekali

      Hapus
  22. ternyata memang harus sabar yah...
    apalagi saya newbie di blogger

    BalasHapus
  23. butuh brapa bulan sih om biar data alexanya muncul jika blog saya baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung seberapa banyak postingan anda tampil di google, ini tanda blog anda di crawl dengan teratur oleh robot google, bila postingan anda nangkring di page 1 semua, 2 hari saja cukup untuk menampilkan alexa, seperti blog ini.

      Hapus
  24. Mohon pencerahannya, Gan..

    Apakah Alexa hanya mengumpulkan jumlah data traffic untuk memberi ranking, atau juga 'membandingkan' isi situs untuk menentukan naik/turunnya sebuah situs?
    Terimakasih sebelumnya.
    Mampir juga ke saya ya, Gan. http://nara-reba.blogspot.com

    BalasHapus
  25. ini dia yang saya cari cari gan .
    akhirnya ketemu juga :)
    makasih ya :D

    BalasHapus
  26. Minta kunjungan balik gan, masih baruuuuuuuu banget jadi blogger tolong dong di kunjungi www.jokmobilkita.wordpress.com

    BalasHapus
  27. blog saya udah semingguan pasang widget dan udah verifikasi udah bener jg, lewat mozilla desktop, tapi ko masih no data ya?
    blog saya http://tifanibloggituloh.blogspot.com (berisi artikel sainstek, pendidikan, kecantikan, makanan dan minuman)

    BalasHapus
  28. Kalau untuk update RANK dan LINK IN seperti yang tampil di widget itu (terutama yang LINK IN) tiap berapa lama gan? Tahu informasinya tidak ya..?

    BalasHapus
  29. gan mau nanya itu bisa meningkatkan trafic pengunjung tidak ya?

    BalasHapus
  30. caranya memperbaiki web di alexa gimana gan .

    BalasHapus
  31. Wehehehe...kalau rank tadinya udah 30ribuan, trus tiba-tiba jadi No Data gimana ya? Masaq iya ditinggal sebulan Rank ID nya jadi NO DATA??? Bingung...
    Btw, Please visit to www.freetotag.com and happy sharing :D

    BalasHapus
  32. alexa no data pdahal sudah terveryf dan cukup lama kisaran 3bl,apakah mungkin karena antara blog dan akun alexa yang beda emailnya,karena waktu pendaftr alexa menggunakan fb/yahoomail.sedangkan blog pakai gmail.mohon solusi

    BalasHapus