Mas ihsan blog's: cara membuat template mobile view manual

cara membuat template mobile view manual

Di poskan pada Kamis, 16 Februari 2012

  1. Cara membuat template blog versi mobile view
  2. Gimana Cara membuat template versi mobile blog
  3. Cara Trik Membuat Blog Tampilan Versi Mobile view
  4. cara membuat blog auto windows sendiri



Mas ihsan,- Posting ini adalah kali kedua setelah lama vakum di pengujung tahun baru 2012, masih dengan topik yang lama, kali ini saya akan menampilan artikel yang menjadi request teman sesama blogger di salah satu komentar nya, mari langsung saja kita pelajari.

Seperti kita ketahui Ngeblog adalah wahana yang sangat menarik untuk selalu di ikuti, terlebih banyak sekali cara-cara baru yang akan selalu hadir seiring berjalan nya waktu, atau bisa jadi trik lama yang selalu menarik untuk di ulas kembali.

Dalam kesempatan kali ini kita mulai pembelajaran dengan cara membuat template mobile blogger sendiri, kenapa saya memilih topik ini, karena saat ini kebutuhan akan gatget semakin meningkat, apalagi semakin hari semakin canggih, membuat blog kita perlu di parsing agar bisa dengan mudah di akses menggunakan handphone, tanpa harus mengurangi tampilan di komputer, dengan begitu pengunjung pun akan semakin betah berlama-lama di blog kita, dengan browser apapun.

Langsung saja mari kita lanjutkan pembahasan kita.

Sebenarnya ada dua macam membuat template kita menjadi mobile view, dengan menggunakan parsing template dan juga media screen ( akan di bahas dalam postingan yang akan datang ), namun saya akan menerapkan yang pertama dahulu, cekidot!!.

Pertama yang harus kita lakukan adalah, memisahkan tekhnik menjadi beberapa bagian, simak baik-baik di bawah ini.

.::NB::.

untuk pengeditan bisa anda gunakan x-plore bagi pengguna handphone seperti saya, atau bisa dengan
Login blogger > rancangan > edit html > expand widget
1. CSS

Download template bawaan blogger anda melalui Rancangan > Edit HTML.

Hal ini dikarenakan template asli bawaan blogger lebih lengkap dan lebih valid datanya, atau bisa juga template lain yang tersedia gratis di mana-mana.
pelajari struktur CSS nya.

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaik nya anda pelajari tentang CSS atau Cascading Style Sheet. Yaitu sebuah element penentu warna dan posisi sebuah situs, bila anda sudah memahami nya, sekarang lanjutkan.

Tentukan warna dan posisi situs anda, berupa tampilan - tampilan yang menarik menurut anda.

2. Struktur template

Bagilah halaman blog anda menjadi 4 (empat) bagian.
  1. header
  2. body kiri
  3. body kanan
  4. footer


header

Terdiri dari nama blog, deskripsi blog, dalam beberapa template biasanya terbagi menjadi kanan dan kiri.

body kiri

Terdiri dari tempat menampilkan posting dan kolom komentar atau bisa di sebut post body.
di pisahkan dengan atribut FLOAT menjadi float:left;

body kanan

Terdiri dari widget atau biasa di sebut sidebar blog.
atribut yang di gunakan adalah float:right;

footer

Ini adalah bagian bawah situs anda.

Setelah anda menerapkan kedua hal di atas, maka anda sudah berhasil membuat kerangka template anda.

Kemudian cari ukuran lebar (width) di dalam template tersebut, biasa nya terdiri dari Lebar ukuran penuh di bagi Lebar kanan dan kiri.

Contoh:

Body{ width:950px }

.Kiri { width:610px }

.Sidebar { width:300px }
Bila template anda masih dalam keadaan normal seperti di atas, maka saat di buka menggunakan handphone atau komputer akan sama saja, yaitu tampilan fullsite yang berat.
Ganti atribut width menjadi max-width
Contoh:

Body{ max-width:950px }

.Kiri { max-width:610px }

.Sidebar { max-width:300px }
Dengan adanya perubahan di atas, maka template anda akan terlihat mobile view ( atas bawah ) bila di buka dari browser handphone, sedangkan akan melebar bila dilihat dari komputer.

Untuk dasar pembuatan mobile view hanya sederhana saja, seperti contoh di atas.
untuk style yang lain
Silahkan berkreasi lebih agar tampilan situs anda lebih sempurna.

Bila anda belum paham silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar.
Semoga berhasil.

[ 44 komentar ] sudah di tambahkan, terima kasih telah berkomentar.

  1. pertamax, akhirnya dibeberin triknya.. (lumayan, kapan2 mau coba bikin sendiri..) Haha

    BalasHapus
  2. alhamdulilah akirnya pösting juga... Thx banyak sobat aku skarang dah paham... :D

    mw tanya sdikit, :D bagaimana y "cra menghilangkan sidebar tempat pemasangan widget kanan/kiri"
    dan memindahkanya di bagian footer spt pada blog ini.,sekali lagi trimakasih mas Ihsan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog ini menggunakan cara di atas, jadi bila di buka lewat komputer akan melebar kesamping, dan atas ke bawah bila dengan hape..
      .::nb::.
      Bila ingin sidebar tetap di bawah, tinggal menghilangkan FLOAT di kedua sisi, maka tampilan sidebar di PC atau hape tetap di bawah.

      Hapus
  3. Blogwaliking gan kunjungi juga yah http://indotricks.com ..

    BalasHapus
  4. Huh, gak gak gak kuat.. kalo pake HP wkwwk

    BalasHapus
  5. pengalaman saya pemula ni kang, udah beberapa template dibikin kelinci percobaan, emang sih mobile view. . . Cuma templatenya kurang menarik aja dilihat dari hp.. Gak ada yang benar2 pas. . . . . Kec editan para master2 blogger. . . . Mantap mereka . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yang penting kamu sudah berusaha, ...
      Yang terpenting pertama adalah membuat kerangka blog, yang sulit adalah di sini, karena harus memisahkan/menghapus semua element css lalu membenahi dengan yang baru,, bila hanya merubah saja, tidak akan pas.

      Hapus
    2. gan cara buat link otomatis seperti
      "Home » belajar ngeblog » Blogging » mobile blog » SEO » Tehnik dasar blog » Tips and tricks » cara membuat template mobile view manual"
      itu gmn sih gan..
      tolong ajarin dunk..

      Hapus
    3. insya alloh nanti saya postingkan.... Nama nya adalah breadcumbs....

      Hapus
  6. oh y gan ada tambahan 1
    lg nih..
    mfgan sebelumnya, ane
    ksih komen ini bukan
    b'mksud menghina ato
    apa2. ane cuma ingin kasih
    masukan.cz ane jg punya
    masalah ygsama.
    template agan ini terus
    terang sangat keren kalo
    dibuka pake opmin. tp knp
    y klo di buka lewat
    browser bawaan hp
    symbian 5800 n nokia e7
    tampilan nya jd ancur..
    font n tata letaknya jd
    berantakan dan agak aneh.
    jauhberbeda dg saat
    dibuka pake opmin. apa
    itu karena max-width nya
    y.. ane jg uda cb bwt
    template width nya ane
    ganti jd persen .. eh malah
    jd tambah berantakan.
    btw ane pernah gugling,
    kata salah satu situs luar
    negri (ane lupa alamatnya)
    klomembuat mobile
    template supaya cocok
    untuk segala browser
    widthnya ntuh 320px trus
    sebelum tag "head"
    dikasih "meta
    view=vieport" ato apalah
    ane kga mudeng.
    pokoknya sejenis kalo buat
    meta tag dsb..
    kalo ada informasi kasih
    tau y gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas masukan dan pujian nya...
      Memang Sebenarnya tujuan terciptanya blog saya ini agar bisa dengan mudah di nikmati dengan browser hape...
      Tetapi, paling tidak dengan aplikasi tambahan, hal-hal seperti pengguna browser bawaan tentunya menyadari kekurangan dari browser nya.
      Lalu mengenai kata 'hancur' disini, sebenarnya anda salah, hal ini disebabkan CSS yang tidak terbaca browser saja, jadi denah yang terlihat adalah blog dalam keadaan tanpa busana, cuma seperti itu saja..
      Mobile theme yang menggunakan ukuran 320px itu bila anda ingin tampilan slide show nya kecil, dan hanya bagi pengguna hape saja.
      Karena blog saya multy slide ( agar tampilan auto windows ) jadi saya buat seperti ini saja.
      Lain-lain insya alloh saya postingkan.
      Terima kasih.

      Hapus
  7. emmm . triknya bagus man :)
    semoga bermanfaat buat semuanya nih trik .

    BalasHapus
  8. keren gan triknya ..bermaanfaat bget buat pemula seperti saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di pelajari agar bisa membuat template mobile sendiri
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  9. Sangat bermanfaat nih informasinya salam kenal gan...

    BalasHapus
  10. Informasinya cukup berguna salam kenal gan moga sukses trus...

    BalasHapus
  11. mantap sekali gan, sangat berguna bagi ane
    makasih sudah berbagi, salam kenal

    BalasHapus
  12. . Wahh keren gan ..tapi ane punya 2 permasalahan ni gan yg lum ane temukkan jalam keluarnya,yaitu ;
    1.Gemana cara na nampilin label Category postingan,di atas atau d bawah tampilan home blog kita.

    2. Gemana cara na membuat Next page seperti di blog agan ini.tolong d bantu ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺♡̬̩̃̊☺ gan ..coz we pusing ni cari trik nya,maklum gan,masi baru ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang di maksud adalah navigasi seperti di atas header bisa baca di sini cara membuat navigasi blog, bila mau membuat kode next prev angka, mungkin bisa menjadi postingan selanjutnya... Di tunggu saja.... Trims dah mampir

      Hapus
  13. Informasinya sangat bermanfaat, ijin coba triknya ya..

    BalasHapus
  14. Oke akan aku coba, mohon ijinnya ya mas

    BalasHapus
  15. makasih informasinya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, semoga membantu anda and keep blogging

      Hapus
  16. gan.
    Cara buat template mobile viewnya kayak kamu gini gimana ya ?

    Kan biasanya standar banget tp punyamu beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiyo....
      Ini termasuk kategori screen...
      Jadi tampilan dirubah dengan css baru, selain css utama..
      Ntar tak buatkan tutornya

      Hapus
  17. mas mau nanya mas aku blogger.newbie, gimana cara agar template blog kita pas di hp? sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  18. oh ia gan...
    bisa dengan cara ini juga lho ...

    .mobile .post {max-widht:600px !important}

    :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo bagian itu untuk css style mobile custom nya....

      Yang saya tulis di atas untuk auto screen, jadi blog nya non mobile custom, tapi auto mobile hehehe

      Hapus
    2. owh...
      maksudnya responsive template ya?

      meskipun tanpa mobile template, tapi bisa mobile preview kan?

      sep keren keren :-bd

      Hapus
    3. kurang lebih seperti itu lah kumendan.... hehehe

      Hapus
  19. saya sudah mencoba membuat tampilan mobile blog saya menggunakan max-width seperti itu mas. tetapi ketika saya buka dari hp saya, tampilannya tetap besar mas, untuk membacanya harus di zoom terlebih dahulu. Berbeda dengan blog anda yang langsung fix dengan hp. Kira2 knp bisa begitu ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya background gambar yang di gunakan ukuran nya tidak bisa diparsing.... Saya biasanya membuang dulu image tersebut, lalu memasukan css3 saja biar lebih simpel....
      Untuk blog ini saya memakai meta yang menyesuaikan ukuran ponsel.... Sama seperti blog ente yang keren kumendan... Blog ente malah lebih bagus daripada punya ane... Hehehe

      Hapus
  20. Thanks infonya bro :D
    Ini yang gue cari2 .
    thanks yaaa

    BalasHapus
  21. ada seringan untuk menampikan wiget times wp di posel gak ya. tenks

    BalasHapus
  22. Trims bro imponya...kita juga bisa setting ke edit htmljika tdk ingin tampilan mobile view

    BalasHapus
  23. Makasih.
    Artikel yang sangat bermamfaat.

    BalasHapus